Salah satu jenis pijat yang bisa memberikan manfaat besar untuk ibu menyusui adalah pijat oksitosin. Seperti yang Anda ketahui, menyusui adalah kegiatan yang sangat penting untuk ibu dan juga bayi. 

Tidak hanya soal asupan nutrisi selama menyusui saja yang harus ibu perhatikan, tetapi juga kesehatan tubuh dan ketenangan mental. Nah, Anda bisa melakukan pijat oksitosin agar tubuh terasa lebih baik dan rileks. 

Pengertian Pijat Oksitosin  

Pijat Oksitosin Pengertian dan Manfaatnya untuk Ibu Menyusui

Pijat oksitosin adalah suatu teknik terapi atau teknik pijat yang berfokus pada bagian punggung. Bagian punggung ibu yang baru melahirkan atau menyusui akan mendapatkan pijatan yang lembut. 

Pijatan yang lembut inilah yang akan memberikan dampak besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh ibu. Melalui pijat ini, ibu menyusui bisa merasa rileks, mengurangi stress, tidur nyenyak, bahkan memperlancar proses menyusui. 

Cara kerja pijat oksitosin adalah melalui stimulasi pada puting. Dari stimulasi inilah produksi ASI bisa semakin lancar. Sebelumnya, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa oksitosin adalah nama dari sebuah hormon. 

Hormon ini diproduksi oleh otak dan berperan besar untuk wanita. Terutama dalam proses persalinan, menyusui, bahkan hingga orgasme. Hormon oksitosin inilah yang berperan besar dalam proses menyusui ibu. Bagaimana cara kerjanya? 

Ketika menyusui, maka mulut bayi akan menyentuh puting payudara. Dari sentuhan itu, sel saraf payudara akan mengirimkan sinyal ke otak agar otak melepaskan hormon oksitosin. 

Apabila jumlah hormon ini meningkat, maka ASI akan keluar lewat puting payudara. Hormon ini juga memiliki sebutan sebagai hormon “keibuan”. Karena hormon ini berperan juga untuk memperkuat ikatan antara ibu dan anak. 

Cara Pijat Oksitosin 

Tidak harus menggunakan jasa pijat panggilan, melakukan pijat oksitosin bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, Anda tidak bisa melakukannya sendiri dan harus meminta bantuan dari suami tercinta. 

Inilah cara melakukan pijat oksitosin yang bisa Anda praktekkan di rumah:

  1. Langkah pertama, silahkan mengambil posisi duduk, bisa menghadap ke meja, tembok, atau ke sandaran kursi. Dalam posisi tersebut Anda bisa sambil memeluk bantal agar lebih nyaman.
  2. Setelah itu, lepaskan pakaian dalam agar lebih longgar dan terasa nyaman.
  3. Jika sudah, minta suami untuk memijat di titik bagian leher dan tulang belakang. Pijat dengan menggunakan ibu jari dengan gerakkan melingkar sampai turun ke pangkal tulang belakang. Lakukan pijatan ini selama 1 menit. 
  4. Kemudian usap-usap bagian tubuh yang sudah mendapatkan pijatan dengan gerakan ke luar. Lakukan secara perlahan. 
  5. Ulangi gerakan pijatan yang sama di bagian tubuh yang lain, seperti pangkal tulang belakang setara bahu sampai ke tulang belikat.
  6. Pijat menggunakan ibu jari dengan menggunakan gerakan yang memutar dari tulang belakang atas sampai ke bawah. Kemudian ulangi lagi dari arah bawah menuju atas. 
  7. Terakhir, suami bisa menggunakan kepalan tangan untuk memijat seluruh bagian punggung. Pastikan memijat dengan lembut dan sampai Anda merasa rileks. 

Catatan Tambahan 

Pada dasarnya, pijat oksitosin adalah jenis terapi yang relatif aman untuk ibu hamil. Akan tetapi, jangan melakukannya apabila ada luka terbuka di daerah yang akan terkena pijatan, kondisi medis tertentu, masalah tulang, atau pendarahan. 

Selain itu, pastikan orang yang memijat tidak menggunakan tekanan pijatan yang terlalu keras agar tidak menghasilkan rasa nyeri. Jangan sampai pijatan yang seharusnya membuat rileks, tetapi justru membuat tubuh terasa sakit. 

Itulah informasi mengenai pijat oksitosin untuk ibu hamil atau menyusui selengkapnya. Dengan manfaatnya yang besar, Anda bisa melakukan pijat ini jika sedang menyusui agar tubuh terasa lebih rileks dan segar. 

Similar Posts