Anak sudah seharusnya melalui proses perkembangan sesuai dengan usianya, termasuk dengan kemampuan berbicara. Jika anak belum bisa berbicara, gunakan cara terapi pijat untuk anak terlambat bicara dalam ulasan kali ini. 

Melakukan terapi pijat untuk anak yang terlambat bicara merupakan hal yang sangat bermanfaat. Hal ini karena dapat membantu perkembangan Si Kecil dalam berbicara maupun bersosialisasi. 

Selain itu, terapi anak yang terlambat bicara bisa membuat anak merasa berbagai manfaat positif, termasuk peningkatan kemampuan berkomunikasi. Berikut ini beberapa cara efektif terapi pijat untuk anak yang mengalami keterlambatan bicara. 

Cara Terapi Pijat untuk Anak Terlambat Bicara

Salah satu pendekatan yang dapat Anda gunakan ketika anak terlambat berbicara adalah terapi pijat pada titik refleksi saraf bicara. Terapi ini mencakup berbagai jenis aktivitas untuk merangsang perkembangan bahasa dan meningkatkan keterampilan komunikasi sebagai berikut:

1. Terapi Makan dan Menelan

Terapi yang pertama ada terapi makan dan menelan yang dapat membantu membangkitkan syaraf bicara anak yang terlambat bicara. Biasanya kesulitan bicara pada anak disebabkan karena masalah dalam mengunyah dan menelan. 

Latihan oral pada anak dapat membantu memperkuat otot-otot dalam perut. Selain itu, berbagai tekstur makanan juga bisa meningkatkan kesadaran oral anak. 

2. Sebutkan Nama Benda

Cara tradisional agar anak cepat bicara selanjutnya adalah dengan menyebutkan nama benda setiap saat. Beberapa balita biasanya akan menunjuk barang-barang yang diinginkan, Anda bisa membantu mereka dalam memahami nama barang tersebut. 

3. Kegiatan Artikulasi

Anda bisa melakukan kegiatan artikulasi pada anak yang masih kesulitan bicara dengan baik. Pada dasarnya, kegiatan artikulasi ini termasuk terapi pijat yang efektif untuk anak yang terlambat bicara.

Caranya yaitu dengan mendemonstrasikan pengucapan suara dengan benar dan memberikan latihan berulang agar anak lebih menguasainya. 

4. Bantuan Penanganan dari Ahli

Khawatir pada Si Kecil memiliki masalah dengan ucapan atau kesulitan berbicara, maka bisa menggunakan cara yang satu ini. Anda bisa meminta bantuan penanganan dari ahli profesional yang sudah berpengalaman seperti dokter. 

Dokter sudah pasti mengetahui kondisi ini dengan jelas, baik dari penyebab dan solusi terbaik untuk anak yang terlambat bicara. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan anak Anda untuk menemui terapis wicara sebagai seorang profesional untuk informasi yang lebih detail. 

5. Latihan

Selanjutnya adalah dengan latihan menggunakan berbagai anggota tubuh mulai dari lidah, bibir, dan rahang. Kemudian lakukan pijatan pada wajah untuk memperkuat otot-otot di sekitar mulut.  

Semua merupakan bagian dari terapi syaraf bicara untuk anak yang mengalami keterlambatan bicara. Hal ini juga bertujuan untuk membantu anak mengembangkan kemampuan bicara dan keterampilan komunikasi yang lebih baik. 

6. Beri Pertanyaan dan Tunjuk Objek 

Apabila anak sudah memasuki fase mulai berjalan dan semakin pandai mengoceh, maka ajak untuk bermain pertanyaan dan menunjuk sebuah objek. Misalnya ketika Si Kecil menunjuk mainnya, Anda bisa bertanya “ini apa?”. 

Lakukan juga cara yang sama ketika ia melihat binatang peliharaannya atau objek lain yang ada di sekitarnya. Permainan ini secara tidak langsung bisa melatih konsentrasi Si Kecil terhadap sesuatu. 

7. Gunakan Gerak Tubuh dan Ekspresi Wajah

Langkah yang terakhir, Anda bisa menggunakan gerak tubuh dan ekspresi wajah. Hal ini dapat membantu mendukung pemahaman anak terhadap bahasa dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif. 

Rekomendasi: Pijat panggilan Bali

Cara terapi pijat untuk anak terlambat bicara tersebut bisa Anda lakukan langkah demi langkah untuk hasil yang terbaik. Bila perlu, Anda bisa menghubungi pijat panggilan profesional yang akan membantu mempercepat kemampuan anak bicara.

Similar Posts