Masuk angin merupakan sebuah kondisi yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang menginginkan pijat masuk angin atau kerokan untuk mengatasinya.

Memang, kerokan menjadi cara yang biasa bagi masyarakat Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Namun, terdapat risiko yang justru membahayakan jika tidak dilakukan secara tepat.

Sementara pijat menjadi satu lagi cara pertolongan pertama untuk mengatasi masuk angin. Untuk melakukannya, Anda harus mengetahui titik pijat agar masuk angin mereda. Ingin tahu apa saja titik pijatnya? Mari kita simak selengkapnya.

Definisi Masuk Angin

Masuk angin sebenarnya berupa istilah yang hanya digunakan masyarakat Indonesia untuk merujuk serangkaian gejala seperti pilek, batuk, mual, dan demam. Alhasil, masuk angin sebetulnya tidak ada sebagai istilah di dunia medis.

Meski begitu, kondisi yang mendekati masuk angin adalah common cold. Kondisi tersebut biasanya terpicu oleh turunnya daya tahan tubuh, udara dingin, atau kurang istirahat.

Umumnya, masyarakat Indonesia mengatasi kondisi ini dengan beberapa cara. Minum minuman hangat seperti wedang jahe atau susu hangat menjadi cukup sering agar meringankan masuk angin.

Melakukan pijat juga menjadi cara yang sangat umum untuk meringankan kondisi ini. Cukup tekan titik saraf masuk angin saat memijat, lama kelamaan penderita akan semakin membaik dan juga lebih rileks.

Pijat Masuk Angin, Tekan Titik Pijat Ini!

Jika pijat menjadi pilihan Anda untuk meredakan masuk angin, Anda harus mengetahui titik pijatnya yang terdapat di beberapa titik saraf. Tujuannya agar setiap gejala mulai menjadi ringan hingga menghilang.

Berikut adalah beberapa titik pijat masuk angin yang harus Anda massage untuk meringankan gejala:

1. Titik Pijat di Tangan

Saat melakukan pijat untuk mengatasi masuk angin, biasanya tangan akan lebih dulu mendapatkan tekanan untuk relaksasi. Terdapat lima titik pijat di tangan yang bisa membantu meringankan gejala

Pertama, bagian sela telunjuk dan ibu jari pada punggung tangan atau titik Hegu. Anda bisa menekannya menggunakan ibu jari dengan gerakan seperti memutar-mutar searah jarum jam.

Titik refleksi di tangan kedua adalah Quchi yang terletak di lipatan siku saat ditekuk. Caranya sama seperti Anda memijat di titik Hagu.

Selanjutnya, titik pijat yang terletak di samping bawah kuku ibu jari bisa meringankan hidung tersumbat. Anda cukup gosok bagian permukaan kulit dari bawah ke atas secara berulang.

Terdapat satu lagi titik pijat di ibu jari, yaitu bagian sepertiga ruas ibu jari pada telapak tangan. Titik pijat ini bisa meredakan penyakit pada saluran pernapasan, terutama laringitis.

Titik pijat terakhir di tangan berada di garis bagian tengah di telapak tangan, lebih tepatnya di antara jari tengah dan jari manis. Cara memijatnya adalah mengurut bagian bawah ke atas.

2. Titik Pijat di Kaki

Terdapat pula area pijat masuk angin di kaki. Terdapat empat titik urut di kaki untuk mengatasi masuk angin.

Pertama, titik di sela jari kaki yang sudah umum menjadi pereda masuk angin.Anda bisa memijat setiap bagian sela jari kaki dengan lembut dengan tekanan konsisten.

Jempol kaki menjadi titik pijat selanjutnya yang sudah sangat umum. Anda bisa menekan jempol kaki selagi memijat untuk meredakan sakit kepala.

Selanjutnya, titik pijat di punggung kaki berfungsi untuk membantu memulihkan tubuh. Cukup pijat menggunakan tangan dengan lembut.

Terakhir, terdapat titik di bagian bawah tempurung lutut agar nyeri perut dan mual mereda. Anda bisa menekan kuat bagian luar tulang kering sambil menarik napas perlahan.

Ingin pijat masuk angin dari terapis profesional dan berpengalaman? Kami, Massage.co.id, menyediakan pijat panggilan dengan harga terjangkau dan kepuasan terjamin! Ayo pesan sekarang juga!

Similar Posts