Apakah Anda sering mengalami insomnia atau susah tidak pada malam hari? Jika ya, maka Anda perlu menstimulasi titik-titik pijatan untuk susah tidur. Dengan titik pijatan ini, tubuh kita akan jauh lebih rileks dan otomatis meningkatkan kualitas tidur.

Seperti kita tahu, tidur adalah kebutuhan biologis manusia yang harus kita cukupi setiap harinya. Sayangnya, beberapa orang memiliki gangguan yang membuat kualitas tidurnya tidak maksimal. Hal itu tentu saja akan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Jika saat ini Anda merasa kurang beristirahat karena mengalami susah tidur pada malam hari, maka saat ini Anda sedang berada di artikel yang tepat. Berikut ini, kami akan membahas di mana saja titik pijatan sekaligus terapi untuk tidur nyenyak.

Titik Pijatan untuk Susah Tidur

Para pakar kesehatan menganjurkan orang dewasa untuk tidur 6-7 jam setiap harinya. Akan tetapi, hal itu sulit tercapai untuk orang-orang yang memiliki kecenderungan susah tidur. Maka dari itu, cobalah untuk menstimulasi beberapa titik pijat berikut ini:

1. Spirit Gate

Titik pijatan untuk susah tidur yang pertama adalah pada titik spirit gate (gerbang roh). Letaknya adalah di lipatan pergelangan tangan bagian dalam, sejajar dengan jari kelingking. Silakan pijat pada titik tersebut, tepatnya pada bagian rongga kecil.

Lakukan tekanan selam 2-3 menit dengan gerakan memutar atau naik turun. Pijat pada area ini secara perlahan dan dalam sehingga efek relaksasinya akan terasa. Lakukan hal yang sama pada titik di tangan sebelahnya.

2. Three Yin Intersection

Titik refleksi tangan untuk susah tidur berikutnya adalah pada bagian three yin intersection, yaitu terletak sedikit di atas pergelangan kaki bagian dalam. Silakan letakkan empat jari tangan Anda pada titik tersebut, buatlah gerakan naik dan turun.

Lakukan hal tersebut selama 4-5 detik. Anda juga bisa melakukan gerakan memutar atau melingkar untuk memberi efek tambahan. Beri juga tekanan pada bagian belakang tulang kaki bawah (tabia) secara mendalam.

3. Wind Pool

Titik selanjutnya adalah pada bagian wind pool (kolam angin). Titik wind pool sendiri merujuk pada belakang leher kita. Untuk menemukan titik ini, silakan raba bagian tulang mastoid yang letaknya sedikit di bawah telinga di belakang leher.

Silakan lakukan pemijatan pada area tersebut selama kurang lebih 2-3 menit. Caranya buka tangan Anda dan letakkan di sisi kanan dan kiri leher. Pastikan ujung jari kanan dan kiri saling bertemu. Setelah itu lakukan gerakan memijat menggunakan ujung jari.

4. Bubbling Spring

Titik pijatan untuk susah tidur yang keempat adalah pada bagian Bubbling Spring. Titik ini terletak di telapak kaki kita, tepatnya adalah pada bagian tengah agak ke atas telapak kaki. Saat diraba, ada sedikit lekukan kecil di titik tersebut.

Agar Anda tidak lagi susah tidur, cobalah untuk baringkan badan Anda secara telentang. Kemudian, lipat salah satu kaki sedikit bersila sehingga tangan Anda bisa menjangkau mata kaki. Silakan beri tekanan pada titik tersebut selama beberapa menit.

5. Inner Frontier Gate

Terakhir, titik pijatan untuk susah tidur kali ini terletak pada bagian lengan sisi dalam. Anda bisa melakukan pemijatan pada titik tersebut menggunakan ibu jari. Sementara gerakan pemijatannya bisa memutar atau dengan dorongan.

Itulah tadi pembahasan tentang titik-titik pijatan yang dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur malam. Setidaknya, titik pijatan tersebut dapat merangsang rasa kantuk dan membuat kita jadi tidur lebih nyenyak.

Jika saat ini Anda mengalami keluhan yang sama, maka titik pijatan untuk susah tidur di atas bisa Anda terapkan. Namun, jika Anda ingin merasakan pengalaman dipijat oleh tenaga profesional, langsung saja hubungi jasa massage panggilan Jakarta dari Massage.co.id.

Similar Posts