Kata spa sudah tidak asing lagi di telinga orang jaman sekarang. Apalagi, dewasa ini kesadaran mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat makin meningkat.

Namun, istilah spa dapat merujuk pada berbagai macam layanan, mulai dari facial sederhana hingga massage yang memanjakan tubuh dan pikiran.

Mari simak untuk mengenal lebih baik mengenai layanan favorit kaum wanita ini.

Apa Itu Spa?

Apa Itu Spa

Sulit rasanya untuk memaparkan spa apa artinya. Pasalnya, istilah ini dapat mengacu pada berbagai hal.

Dalam artian luas, spa adalah suatu usaha yang menawarkan beberapa jenis perawatan kecantikan, relaksasi, atau terapi. Perawatannya sendiri sangat bervariasi, mulai dari pedicure sederhana hingga jenis-jenis perawatan eksotis.

Di tempat perawatan tersebut Anda bisa mendapatkan satu jenis perawatan, full spa day, ataupun paket perawatan tertentu.

Melansir dari halaman Spas, kata spa pertama kali digunakan sejak era Yunani dan Roma kuno untuk mendeskripsikan pemandian air panas alami.

Masyarakat mempercayai bahwa lokasi untuk mandi dan relaksasi tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Menurut para sejarawan, orang Yunani menggunakan berbagai macam pemandian sosial sejak tahun 500 sebelum Masehi.

Sementara di Roma, para penguasa membuat sejumlah tempat yang disebut “thermae” yang memungkinkan semua orang dapat menikmati manfaat menyembuhkan dari air panas.

Seiring waktu, tradisi tersebut menjadi populer dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bangunan serupa mulai dibangun di berbagai lokasi, mulai dari Afrika hingga Inggris.

Industri spa terus mengalami perkembangan setelah itu, sehingga makin efektif dan efisien untuk tujuan tertentu. Perawatannya juga bersifat menyeluruh, mencakup body, mind, and soul.

Jenis-Jenis Spa

Jenis-Jenis Spa

Selain mengenali pengertiannya, Anda juga sebaiknya mengetahui jenis-jenis spa. Dengan demikian, Anda dapat memilih perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan alih-alih langsung mengunjungi spa terdekat.

Nah, berikut jenis-jenisnya:

1. Day Spa

Seperti namanya, day spa menawarkan perawatan sederhana yang dapat Anda nikmati kapan saja.

Jenis ini terbilang sebagai yang paling basic dan dapat ditemukan di berbagai lokasi sekitar pemukiman dan pusat kota. Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan melakukan pencarian spa near me atau spa terdekat dari lokasi saya.

Pelanggan dapat menikmati perawatan restoratif singkat dan melakukan kunjungan secara berkala. Beberapa perawatan yang tersedia antara lain pedicure, facial, dan massage.

Umumnya, lama perawatan hanya sekitar 30 menit hingga 2 atau tiga jam. Meski demikian, orang yang memberikan perawatan merupakan tenaga yang sudah terlatih sehingga hasilnya terjamin efektif.

2. Hotel Spa

Jenis spa ini berlokasi di hotel. Perawatan yang tersedia tidak jauh beda dari day spa kelas atas. Sedangkan, fasilitasnya dapat lebih mewah, dengan adanya kolam renang dan thermal suites.

Meskipun berlokasi pada hotel, layanan terbuka tidak hanya pada tamu hotel saja, tetapi juga pada masyarakat umum. Jadi, Anda dapat menikmati berbagai perawatan mewah termasuk bath spa tanpa perlu menginap.

3. Destination Spa

Berupa peningkatan dari hotel spa, jenis ini menawarkan akomodasi sebagai bagian dari layanannya. Dengan kata lain, spa merupakan titik fokus properti.

Jenis ini menawarkan pengalaman mendalam secara penuh dengan suasana tenang dan relaksasi. Biasanya, layanan tersedia dalam bentuk paket yang sudah meliputi perawatan lengkap dan makan.

Biasanya, tamu akan tinggal lebih dari satu hari untuk menikmati layanan sambil berelaksasi. Selain perawatan umum, Anda juga dapat menemukan layanan yoga, pilates, dan meditasi.

4. Resort Spa

Jenis yang satu ini dapat terkesan sama dengan destination spa. Bedanya, jenis ini sering kali fokus pada kesehatan dan kebugaran daripada sekedar relaksasi.

Biasanya, Anda dapat menemukan lebih banyak fasilitas mewah karena spa ini merupakan bagian dari suatu resort besar. Perawatan yang tersedia sangat cocok untuk mengurangi lelah perjalanan para traveler.

Sementara dari segi durasi, perawatan dapat memerlukan waktu dua hari saat weekend saja, hingga 1-2 minggu.

5. Medical Spa

Praktisi pada spa jenis ini merupakan ahli medis dengan kualifikasi yang layak. Biasanya, bukti kualifikasi berupa sertifikasi atau surat izin praktek.

Medical spa menawarkan berbagai perawatan kecantikan berbasis medis, seperti botox, perawatan laser, filler, hingga operasi plastik.

Anda juga dapat menemukan perawatan yang tidak terlalu invasif, seperti spa exfoliating gel dengan chemical peeling.

6. Airport Spa

Jenis yang satu ini menawarkan perawatan sederhana, yaitu dengan kursi pijat. Seperti namanya, Anda bisa menemukan spa ini di bandara.

Meskipun terlihat sederhana, perawatan tersebut sangat efektif untuk melepas penat setelah perjalanan panjang. Pasalnya, perawatan dengan kursi pijat selama 15 menit akan membantu tubuh kembali relaksasi dan melancarkan sirkulasi darah.

Sayangnya, perawatan tersebut masih jarang tersedia.

7. Hot Spring Spa

Tempat ini memiliki akses ke sumber air panas alami dan menyediakan pemandian air panas.

Perawatan berbasis air panas juga dapat menggunakan istilah lain, seperti balneotherapy dan hydrotherapy.

Balneotherapy secara umum mengacu pada perawatan untuk berbagai macam penyakit dengan mandi air panas alami. Sedangkan hydrotherapy lebih merujuk pada perawatan berbasis air saja, tapi tidak harus sumber air panas alami.

8. Mineral Spring Spa

Hampir seperti hot spring spa, sumber air mineral pada jenis ini juga berupa sumber alami. Bedanya, air pada jenis mineral spring tidak harus bersuhu panas.

Meski demikian, air untuk perawatan mengandung mineral bermanfaat seperti kalsium, zat besi, dan magnesium.

9. Ayurvedic Spa

Perawatan berdasarkan pengobatan tradisional Ayurveda bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh melalui mewujudkan keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

Perawatan berdasarkan dengan preparasi herbal, diet, yoga, dan purifikasi. Jenis ini sangat populer sebagai healing holiday.

Perawatan yang Tersedia

Perawatan yang Tersedia

Tergantung pada jenis spa, maka perawatan yang tersedia dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu layanan dan perawatan sebelum berkunjung ke suatu spa.

Jenis perawatan dapat meliputi:

1. Spot Treatment

Perawatan ini bekerja pada bagian tubuh spesifik, seperti manicure & pedicure, perawatan kulit kepala, antri stress, facial, dan perawatan punggung.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati yang menempel. Perawatan ini dapat meliputi scrubbing, rubbing, atau polishing kulit.

Pengangkatan sel-sel kulit mati memungkinkan lapisan kulit untuk menyerap zat nutrisi dari produk perawatan dengan lebih mudah. Kemudian lapisan kulit baru yang sehat akan menggantikan.

3. Full-Body Facial

Hampir seperti facial, tapi perawatan ini menawarkan layanan yang lebih lengkap. Meliputi cleaning, eksfoliasi, steam, pijat, masker, dan losion finishing. Biasanya, perawatan full-body facial memerlukan waktu selama 60 hingga 90 menit.

4. Full Body Massage

Jenis perawatan ini dapat bervariasi, mulai dari pijat tradisiona, pijat reflexology, aromaterapi, massage deep tissue, Shiatsu, dan banyak lagi. Biasanya, lama perawatan full body massage sekitar 30 menit hingga 1 jam.

5. Herbal Body Wrap

Seperti namanya, perawatan ini meliputi penyelimutan tubuh dengan kain. Biasanya, memakai kain linen atau muslin yang telah dipanaskan dan direndam dalam larutan herbal atau minyak esensial.

Praktisi akan menempatkan handuk atau lembaran karet sebelum menyelimuti dengan kain linen. Setelah itu, menempatkan lembaran kain dan selimut tambahan. Lama perawatan herbal body wrap sekitar 20 menit saja.

4. Full-Body Mud Mask

Mud mask atau masker lumpur memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Nah, dalam perawatan ini Anda bisa mendapatkan manfaatnya pada seluruh tubuh.

Praktisi akan mengaplikasikan masker mud yang hangat dengan tebal pada seluruh tubuh. Lama perawatan penuh full-body mask adalah sekitar 60 menit.

5. Water Therapy

Disebut juga sebagai hydrotherapy, perawatan ini menggunakan air untuk tujuan penyembuhan. Terapi air telah terkenal sebagai perawatan untuk berbagai jenis penyakit sejak masa Yunani kuno.

6. Ayurvedic Massage

Massage ini merupakan teknik pijat berdasarkan ajaran Ayurvedic yang bertujuan untuk menjaga gaya hidup sehat. Teknik pijat tersebut memiliki tujuan untuk menstimulasi sistem limfatik.

7. Thai Massage

Perawatan yang satu ini menggunakan teknik pijat tradisional Thailand, yaitu Nuad Boran. Thai massage pada dasarnya seperti kombinasi dari tradisi pengobatan India dan China.

8. Shiatsu

Jenis massage yang satu ini berasal dari Jepang. Perawatan Shiatsu tergolong unik karena praktisi akan menggunakan kaki mereka untuk melakukan perawatan.

Seperti arti kata yang menyusunnya, “ashi” yang berarti kaki dan “atsu” yang berarti tekanan, teknik Shiatsu memanfaatkan tekanan dari berbagai bagian kaki untuk memijat.

9. Acupressure

Teknik acupressure memiliki prinsip yang sama dengan acupuncture. Teknik ini berdasarkan pada konsep energi kehidupan yang mengalir melalui meridian tubuh.

Sementara perawatan acupressure meliputi aplikasi tekanan pada titik-titik acupuncture dengan tujuan untuk membersihkan hambatan pada meridians.

10. Turkish Bath Massage

Perawatan ini berdasarkan tradisi bath massage asal Turki. Perawatan massage tidak hanya berupa pemijatan otot yang kuat, namun juga merekahkan persendian.

Peralatan Spa

Peralatan Spa

Masih bingung ingin mengunjungi spa apa? Atau ingin memanjakan diri, tapi terhalang kesibukan?

Nah, melakukan perawatan ala spa di rumah dapat menjadi pilihan yang menarik. Meskipun tidak sebanding dengan perawatan asli, Anda masih dapat menikmati sensasi relaksasi untuk melepas penat.

Berikut beberapa peralatan yang Anda perlukan:

1. Mantel Mandi dan Sandal

Pertama-tama, siapkan outfit nyaman ala spa, yaitu mantel mandi yang lembut. Anda juga dapat mengenakan sandal jenis selop atau jepit, sesuai selera.

2. Lilin Aromaterapi

Wangi dari lilin aromaterapi sangat efektif untuk menciptakan suasana rileks. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan lilin aromaterapi dengan wangi menenangkan yang Anda suka.

Anda juga dapat berkreasi dengan sejumlah lilin warna warni untuk membuat suasana lebih menyenangkan.

3. Musik Tenang

Anda juga dapat menyalakan musik untuk meningkatkan atmosfer relaksasi. Sebaiknya, pilih musik dengan tempo pelan yang mampu membantu tubuh dan pikiran lebih tenang.

4. Meditasi

Setelah membuat suasana menenangkan serupa spa, Anda dapat melakukan meditasi sederhana untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Gunakan ruangan yang sepi lalu bermeditasi selama 10-15 menit sambil menikmati aromaterapi dan musik yang menenangkan.

5. Rendam Kaki

Spa tidak lengkap tentunya tanpa perawatan. Nah, berhubung perawatan bersifat mandiri, Anda dapat memilih hal-hal sederhana seperti merendam kaki.

Sebelum merendam, sebaiknya Anda menghapus cat kuku dan memotong kuku kaki. Kemudian masukkan kaki ke dalam wadah berisi air hangat yang telah dilarutkan dengan sedikit garam.

Biarkan selama 10 menit, kemudian gosok-gosok kaki menggunakan sikat halus untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selanjutnya, Anda dapat kembali merendam kaki dengan air bercampur sedikit baking soda. Setelah 5 menit, bilas kaki.

6. Masker

Selanjutnya, lakukan perawatan wajah dengan mengaplikasikan masker. Apabila Anda memiliki rambut yang cenderung kering, maka ada baiknya untuk menggunakan masker rambut juga.

Sebaiknya Anda memilih bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan lidah buaya untuk rambut. Sementara untuk masker wajah bisa menggunakan apple pie, pepaya, alpukat, atau bahan lainnya.

7. Sabun atau Scrub

Anda dapat menggunakan sabun dengan bubble bath atau scrub untuk melakukan spa massage sendiri.

Sebaiknya memilih sabun atau scrub dengan aroma wangi yang menenangkan. Kemudian gunakan sambil melakukan pijatan ringan ke seluruh bagian tubuh.

8. Alat Pijat

Jika memungkinkan, ada baiknya untuk menyiapkan alat pijat. Dengan alat tersebut, Anda dapat memijat seluruh tubuh dengan lebih mudah.

Pijat merupakan cara yang efektif untuk relaksasi, membantu melancarkan sirkulasi darah, dan menghilangkan pegal.

Manfaat Spa

Manfaat Spa

Ternyata selain memberikan pengalaman menyenangkan dan membuat tubuh lebih rileks, spa memiliki banyak manfaat, seperti:

1. Efek Relaksasi

Salah satu manfaat yang langsung terasa yaitu efek relaksasi. Spa menawarkan lingkungan dengan suasana yang menenangkan dan jauh dari gangguan, sehingga menjadi cara yang sangat baik untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Perawatan spa and massage dengan kombinasi aromaterapi memang terbukti efektif untuk membuat tubuh lebih tenang.

Para ahli menduga perawatan tersebut mampu merangsang produksi hormon endorphin yang menstimulasi perasaan senang.

2. Meringankan Nyeri dan Otot Tegang

Banyak orang yang berkunjung ke spa untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Pijat memang terkenal ampuh untuk mengatasi nyeri dan ketegangan otot, bahkan termasuk sebagai bentuk terapi.

Tekanan dari pijatan mampu memperlancar sirkulasi darah, sehingga membantu mengurangi ketegangan otot, nyeri, sakit, dan badan kaku.

Sesi massage dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa pegal akibat terlalu lama duduk, berdiri, atau kelelahan akibat banyak bergerak.

Selain untuk orang dewasa, massage atau pijat juga dapat memberikan manfaat meringankan pegal-pegal pada anak. Sehingga spa anak terdekat dapat menjadi solusi apabila anak kurang fit akibat kelelahan.

3. Membuat Kulit Lebih Cerah

Inilah mengapa para wanita menggandrungi perawatan spa. Ada banyak perawatan yang memberikan manfaat bagi kesehatan kulit sehingga tampil lebih cerah dan cantik.

Kulit akan kehilangan elastisitasnya seiring waktu, serta mulai menunjukkan tanda penuaan, termasuk kulit kering, kusam dan keriput.

Nah, Anda dapat meningkatkan penampilan dengan perawatan facial menggunakan produk anti-aging yang merangsang produksi kolagen. Selain itu, perawatan seperti massage dan scrubbing juga sangat baik untuk proses peremajaan kulit.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur dan Mengurangi Stress

Gangguan tidur cenderung berkaitan dengan tingkat stress. Selain itu, tidur merupakan faktor penting dalam mengatasi stress dan menjaga kesehatan mental.

Rangkaian perawatan yang menenangkan dapat membantu melancarkan aliran darah serta membuat otot tubuh lebih rileks. Hal tersebut akan membantu Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Tidur berkualitas akan memberikan berbagai dampak positif, mulai dari mood yang baik hingga metabolisme tubuh.

Studi juga telah menunjukkan bahwa kombinasi perawatan pijat, air hangat, dan perasaan ringan dapat menurunkan baik stress mental maupun fisik secara signifikan. Perawatan tersebut juga mampu mengurangi kecemasan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Mendapatkan satu sesi massage dapat menenangkan sistem saraf simpatetik yang bertanggungjawab dalam meningkatkan tekanan darah.

Banyak orang memiliki tekanan darah tinggi. Padahal tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang berisiko mengarah pada gangguan jantung.

Saat berada pada spa dengan suhu yang hangat, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat dan kuat sehingga tubuh dapat meratakan panas yang berlebihan.

Dalam prosesnya, aliran darah yang meningkat akan menghasilkan lebih banyak oksigen. Kemudian sel-sel tubuh akan terevitalisasi dengan oksigen tersebut.

Setelah itu, suhu tubuh yang meningkat akan menyebabkan sel melebar, sehingga menurunkan resistensi terhadap tekanan dari jantung. Maka, tekanan darah secara keseluruhan akan menurun.

6. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Menariknya, spa dapat membantu Anda untuk mewujudkannya.

Terdapat berbagai perawatan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu slimming body wrap.

Dalam perawatan ini tubuh akan ditutupi dengan selimut panas setelah dibalut dengan kain yang telah mengandung mineral.

Selain itu, ada perawatan coolsculpting yang mana melibatkan proses pembekuan sel-sel lemak pada bagian bawah jaringan kulit. Perawatan ini juga memungkinkan Anda untuk menentukan area tubuh mana yang hendak dikurangi lemaknya.

7. Mengatasi Migrain

Beberapa jenis migrain terjadi akibat stress dan ketegangan otot pada bagian tubuh tertentu, seperti bagian kepala, leher, bahu, dan pundak.

Mendapatkan perawatan massage yang meliputi pijatan pada area tersebut dapat membantu mengatasi ketegangan otot. Selain itu, pijatan memungkinkan sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga otot mendapatkan oksigen yang mencukupi.

Belum terdapat penelitian lebih lanjut manfaat spa untuk meringankan sakit kepala. Namun, sebagian orang mempercayai perawatan tersebut ampuh.

8. Detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran zat beracun dan tidak sehat dari dalam tubuh. Spa adalah tempat ideal untuk proses tersebut.

Selama detoksifikasi, tubuh akan merombak cadangan lemak, lalu mengubahnya menjadi energi. Sementara lemak mengalami perombakan, zat-zat beracun akan dilepaskan ke dalam aliran darah.

Selanjutnya, zat beracun akan keluar dari tubuh melalui sistem ekskresi.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Umumnya, pengunjung spa yang mendapatkan perawatan merasa senang. Perasaan senang tersebut memberikan energi positif yang dapat menular ke orang lain.

Selain itu, perasaan senang berpengaruh besar pada tindakan seseorang, sehingga dapat lebih give more zeal when talking and addressing issues to people.

Mengunjungi spa sebagai rutinitas pagi dapat membantu hari Anda menjadi penuh dengan hasil yang baik. Perawatan juga akan membantu menenangkan saraf saat menghadapi suatu event penting.

10. Mempererat Hubungan

Kini spa juga sering menjadi tempat untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan teman dan keluarga.

Suasana tenang dan rileks saat perawatan juga merupakan kesempatan yang baik untuk menjadi lebih dekat. Anda dapat menikmati perawatan sambil berinteraksi dengan teman atau keluarga.

Spa Profesional di Rumah

Spa di Rumah

Tidak puas dengan sekedar scrubbing sendiri atau massage menggunakan alat pijat? Atau tidak punya waktu untuk mengunjungi spa and massage terdekat?

Tidak perlu khawatir, kini Massage.co.id menyediakan jasa pijat dan massage panggilan yang siap mendatangi lokasi Anda. Kami memiliki terapis profesional dan berbagai perawatan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berbagai perawatan profesional mulai dari totok wajah, pijat tradisional, hingga full body massage, dapat Anda pesan kapan saja di semua kota besar Indonesia. Segera hubungi melalui nomor +6285-325-722-836 untuk booking layanan ala spa.

Similar Posts