Bagian yang boleh dipijat saat hamil pada tubuh Anda harus menyasar titik yang tepat. Bagian tubuh wanita hamil sangat sensitif dan apabila salah memijat bisa mengakibatkan kerusakan pada janin bahkan juga sang ibu.

Memang seringkali wanita hamil mengalami pegal-pegal karena dampak kelelahan membawa kandungan. Akan tetapi, Anda juga harus tau titik sensitif dan titik lain yang boleh Anda pijat termasuk juga cara memijat.

4 Bagian yang Boleh Dipijat Saat Hamil

Ada beberapa bagian tubuh yang boleh Anda pijat saat hamil yang cukup aman dan juga bisa membuat lebih rileks. Sebaiknya melakukan pijat panggilan yang profesional untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

1. Bagian Tengah Dada Segaris dengan Puting Susu

Lokasi ini seringkali memiliki istilah dalam pijat refleksi yaitu CV17 Shanzhong. Anda bisa menarik garis tengah tubuh secara vertikal di bagian dada dan mensejajarkannya dengan puting payudara. 

Cukup dengan memijat menggunakan 4 ruas jari pada tulang dada dan menarik napas dalam beberapa kali. Anda bisa membangun energi dan merilis rasa tidak nyaman pada dada.

Hal ini sering terjadi ketika Anda ingin mula dan muntah. Ini wajar terjadi karena bayi menempati ruang yang lebih banyak pada bagian perut. Sehingga dada terasa penuh dan refluks asam meningkat bahkan bisa muncul gangguan pencernaan.

2. Telapak Kaki

Ada beberapa bagian kaki yang boleh dipijat saat hamil muda terutama pada bagian telapak. Misalnya pada bagian belakang jari jempol dan kelingking. Anda juga bisa memijat celah antara jari dan pergelangan kaki. 

Sebaiknya melakukan pijat telapak kaki menggunakan refleksi dengan cara berbaring santai. lalu minta orang lain untuk memijat telapak dengan lembut. Tahan tumit dengan tangan kiri dan gunakan tangan kanan untuk memijat.

Tekan beberapa titik tadi secara perlahan sehingga bisa mengurangi efek pegal. Hal ini sering terjadi saat kandungan sudah membesar. Anda membawa bobot tubuh dan juga bayi yang cukup berubah signifikan.

3. Bagian Punggung Utamanya Pada Titik Bahu

Punggung menjadi salah satu bagian yang boleh dipijat saat hamil muda. Meski begitu tidak bisa memijat pada sembarang titik. Salah satu yang aman adalah pada bagian bahu. Biasanya Anda akan sering merasa pegal dan kelelahan pada titik ini.

Hal ini menjadi wajar karena membawa beban pada bagian depan sehingga mengakibatkan punggung menjadi tertarik ke depan. Secara otomatis tulang belakang yang tadinya lurus juga terdampak akibat beban.

Caranya adalah dengan memijat perlahan pada bagian kiri dan kanan bahu bisa memijat hingga ke bagian leher. Ingat jangan terlalu keras saat memijat karena bisa berdampak pada janin.

4. Bagian Tangan Utamanya Pada Pergelangan 

Tangan merupakan salah satu titik pijat yang aman untuk kehamilan. Hal yang harus Anda hindari utamanya adalah pijat perut. Ada banyak resiko pijat perut saat hamil muda misalnya bisa berdampak pada plasenta bayi. 

Anda bisa menemukan titiknya pada bagian pergelangan tangan agak sedikit ke atas. Kira-kira 2 jari dari bagian telapak. Titik ini sangat cocok untuk melakukan pijat pada malam hari sehingga bisa tidur lebih rileks.

Rekomendasi: Pijat panggilan Bogor

Fungsi lainnya adalah untuk mengatasi muntah, perut kembung, hingga cegukan. Anda juga bisa menerapkannya untuk menenangkan tubuh dalam mengatasi insomnia, depresi, bahkan juga gangguan ingatan, dan pelupa. 

Itulah beberapa bagian yang boleh dipijat saat hamil. Jangan sembarangan melakukannya jika tidak mengerti. Apabila sudah mengetahui titiknya sebaiknya Anda minta tolong ke suami atau jasa pijat profesional untuk hasil yang maksimal.

Similar Posts