Bolehkah vertigo dipijat? Pertanyaan tersebut sering sekali terlontar dari para pengidap vertigo. Pasalnya, vertigo merupakan sebuah bentuk sakit kepala yang memicu pengidap mengalami sensasi gerakan seperti berputar atau melayang.

Tidak hanya pusing atau sakit kepala, pengidap mungkin juga mengalami mual dan muntah. Biasanya banyak orang mengatakan mengatasi kondisi seperti ini bisa dengan pijat. Jadi apa benar demikian? Mari kita simak selengkapnya.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merupakan sebuah kondisi saat pengidapnya merasakan pusing. Hal itu tentunya bukan pusing biasa, melainkan ia merasa sekelilingnya seperti berputar atau melayang padahal sebenarnya tidak ada yang terjadi.

Tidak heran kondisi ini bisa memicu kehilangan keseimbangan hingga sulit untuk tetap berdiri atau berjalan. Terlebih, gejalanya akan semakin terasa jika pengidap menggerakkan kepala.

Sering sekali masyarakat menganggap vertigo sebagai sebuah penyakit. Ternyata kondisi ini merupakan gejala yang terjadi tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu.

Pemicu terjadinya vertigo pun sangat bervariasi. Biasanya kondisi ini terbagi menjadi dua berdasarkan penyebabnya, yaitu vertigo perifer dari telinga dan vertigo sentral dari otak.

Kondisi ini tentunya bisa menghambat pengidapnya melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Lebih parahnya lagi, vertigo bisa saja menjadi sebuah gejala penyakit seperti stroke dan infeksi otak, maka Anda tidak bisa menganggapnya remeh.

Selain perawatan medis, banyak yang mengatakan bahwa vertigo boleh dipijat sebagai pertolongan pertama. Namun, apakah benar?

Apa Benar Bolehkah Vertigo Dipijat?

Biasanya seorang pengidap vertigo akan mendapatkan pijat sebagai pertolongan pertama sebelum menjalankan perawatan medis atau sekadar beristirahat. Namun, apakah vertigo boleh dipijat?

Jawabannya benar! Anda bisa memberi pijatan pada penderita vertigo untuk meredakan gejala sebagai pertolongan pertama. Terdapat empat titik pijat yang bisa Anda tekan untuk membantu meredakan vertigo.

Pertama, titik di tepat tengah atas kepala atau titik Baihui. Titik pijat ini juga bisa mengatasi sakit kepala, flu, sinusitis, dan hipertensi.

Kedua, titik Fengchi yang terletak di tulang atau tonjolan tepat di batas garis rambut, lebih tepatnya di bawah tulang oksipital kepala. Menekan titik pijat ini bisa membantu meredakan vertigo, sakit kepala, kekakuan otot, flu, dan demam.

Ketiga, titik pijat yang terletak di cekungan pada tengah sepertiga bagian depan telapak kaki atau titik Yongquan. Menekan titik pijat ini bisa mengatasi sakit kepala, nyeri tenggorokan, epilepsi, penglihatan rabun, skizofrenia, dan pingsan.,

Terakhir, titik Zhongzhu terletak di antara tulang jari manis dan kelingking pada punggung tangan. Titik ini biasanya untuk meredakan sakit kepala.

Hal-hal ini menjawab pertanyaan apakah vertigo boleh diurut. Sebagai pertolongan pertama, boleh sekali.

Cara untuk Mencegah Vertigo

Bagi yang belum pernah mengidap vertigo, mereka bisa mencegahnya dari awal dengan gaya hidup sehat. Misalnya, lakukan olahraga secara rutin, terutama yang melibatkan cukup banyak gerakan kepala.

Konsumsi makanan bergizi seimbang sangat wajib sebagai salah satu pola hidup sehat. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan tinggi sodium, lemak, dan kalori.

Lebih penting lagi, perhatikan cairan tubuh. Pasalnya, dehidrasi bisa memicu vertigo. Maka, minum air mineral yang cukup untuk menambah cairan menjadi kewajiban agar kadar oksigen di dalam otak meningkat.

Jika sudah mengalami vertigo, sebaiknya pengidap menghindari gerakan secara tiba-tiba, terutama kepala. Mereka juga sebaiknya tidak berada dalam posisi jongkok dan membungkuk.

Anda bisa andalkan jasa pijat panggilan dengan harga terjangkau dan pelayanan ramah dari Massage.co.id sebagai pertolongan pertama mengatasi vertigo. Demikianlah pembahasan dari jawaban pertanyaan bolehkah vertigo dipijat?

Similar Posts