Titik pijat sakit perut dalam tubuh ada di sebagian besar anggota badan mulai dari kepala, tangan, badan, hingga ke kaki. Anda bisa menemukan titik tersebut dengan cara mempelajari juga mempraktekannya pada tubuh. 

Sakit perut merupakan hal yang seringkali terjadi. Beberapa penyebabnya seperti masuk angin, kurang tidur, dan kelelahan. Bahkan juga bisa karena keracunan dan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

5 Titik Pijat Sakit Perut Pada Tubuh

Untuk dapat mengetahui beberapa titik pentingnya, maka Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Adapun beberapa titik tersebut yang penting adalah sebagai berikut:

1. Sanyinjiao (SP6)

Titik ini berada pada tulang pergelangan kaki bagian dalam dan merupakan salah satu titik pijat sakit perut pada kaki. Dalam teknik akupuntur bagian ini sering disebut dengan tiga persimpangan Yin. 

Anda bisa meletakkan jempol atau telunjuk pada titik ini baik untuk bagian kanan dan kiri kaki. Buatlah gerakan memutar dan tekan sedikit hingga terasa agak sakit. Pijat bagian tersebut selama sekitar 2-3 menit.

Lakukanlah pada kedua kaki sehingga perut bagian bawah terasa lebih nyaman. Titik ini terhubung langsung dengan meridian limpa dan perut bagian bawah sehingga dapat mengurangi perut kembung secara efektif.

2. Zusanli (ST36)

Bagian ini juga berada pada tempurung lutut untuk refleksi perut kembung yang sangat baik. Dalam istilah akupuntur, sering disebut dengan tiga li kaki. Pengaruhnya adalah untuk organ perut bagian atas dan sistem saraf parasimpatis.

Cara memijat-nya adalah dengan meletakkan jari pada titik ini bagian kanan dan kiri. Tekan dengan sedikit tenaga dan gerakkan jari secara memutar. Anda bisa memijat selama sekitar 2-3 menit dan melakukannya pada kedua kaki.

Penting untuk mengingat bahwa Anda tidak perlu memijat terlalu kuat karena bisa menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari nyeri, memar, dan juga permasalahan lainnya yang menyebabkan cedera. 

3. Wei Shu (BL12)

Titik ini berada pada area punggung bagian bawah. Hubungannya langsung dengan kandung kemih, saluran pencernaan, utamanya untuk melancarkan BAB. Bagian ini memiliki istilah pengangkut perut.

Caranya adalah dengan melakukan pijatan dengan menggunakan dua jari pada titik tersebut. Lakukan gerakan memutar selama sekitar 2-3 menit hingga perut terasa lebih nyaman.

Apabila kesulitan memijat area punggung, Anda bisa menggunakan pijat panggilan Jakarta Pusat untuk meredakan rasa sakit. 

4. Zhongwan (CV12)

Secara harfiah makna dari kata zhongwan adalah tengah perut. Titik ini berada pada bagian tengah pusar yang mempengaruhi organ perut bagian atas seperti kandung kemih dan juga kantong empedu. 

Letaknya sekitar 4 inci di atas pusar, dan Anda bisa memijat-nya dengan meletakkan tiga jari pada bagian tersebut. Lakukan gerakan melingkar dan jangan menekan terlalu keras karena malah bisa memperparah keadaan.

Lakukan selama 2-3 menit pada titik refleksi perut kembung ini. Niscaya sakit perut Anda akan menghilang.

5. Qi Hai (CV6)

Titik ini sebenarnya dekat dengan zhongwan, akan tetapi letaknya pada bagian bawah pusar. Sedangkan zhongwan terletak pada bagian atas. Titik ini sangat cocok pijat untuk sakit perut diare sehingga bisa berangsur membaik. 

Energi pada tubuh seluruhnya ada pada bagian ini sebenarnya memiliki arti tempat kelahiran. Cara melakukan pijatan adalah dengan menekan bagian ini dengan menggunakan jari telunjuk dan lakukan selama 2-3 menit.

Itulah beberapa titik pijat sakit perut untuk meredakan gejala dan juga penyembuhan. Anda bisa melakukannya sendiri atau memanggil tukang pijat. Terapi ini cukup ampuh untuk penyembuhan dan meringankan penyakit.

Artikel Terkait:

Similar Posts